Langsung ke konten utama

Laporan Kegiatan Ekonomi Kelas X

1. Amatilah kegiatan didalam sebuah pasar yang ada di sekitar sekolah atau tempat tinggal Anda!
➡ Saya mengamati Pusat Pasar Tavip yang berlokasi di Kec. Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara.
     FYI: ✔ Pusat Pasar Tavip merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Binjai ^_^

2. Apa kesimpulan Anda tentang permintaan, penawaran dan harga yang Anda dapatkan dari kegiatan perdagangan yang terdapat di pasar tersebut?
➡ ⭕ Permintaan di Pusat Pasar Tavip sama seperti hukum permintaan. Yaitu, "Apabila harga barang turun, permintaan akan bertambah. Dan apabila harga barang naik, permintaan akan berkurang."

⭕ Penawaran di Pusat Pasar Tavip juga sama seperti hukum penawaran. Yaitu, "Semakin tinggi harga barang, semakin banyak jumlah yang ditawarkan. Semakin rendah harga barang, semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan."

⭕ Harga barang di Pusat Pasar Tavip tidak tetap/tidak menentu. Mengapa? Hal ini disebabkan karena terjadinya kegiatan tawar-menawar antara pembeli-penjual yang menghasilkan harga keseimbangan. Yang pada awalnya harga barang Rp20.000/kg (misalnya) karena ditawar oleh si pembeli maka harga barang pun turun menjadi Rp18.000/kg, inilah harga keseimbangannya. Sebagian besar pembeli selalu melakukan kegiatan tawar-menawar di pasar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Proses Fermentasi pada Pembuatan Tape

FERMENTASI PADA PEMBUATAN TAPE Dikerjakan oleh: Nama:       Sania Nur Mulia Fadia Utami Fadhila Ramadhani Thiraya Zeininna Deri Firmansyah Salwa Sayyidina Tassya Yulanda Kelas:        XII-IA3 T.A. 2017/2018 SMA NEGERI 3 BINJAI BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan keberagaman dan keunikan kulinernya. Baik keunikan dalam rasanya, cara pembuatannya dan jenis makanannya. Salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat unik adalah tapai atau tape. Tapai  atau  tape  adalah kudapan yang sangat lezat untuk dikonsumsi. Namun ternyata, tape adalah kudapan yang berasal dari proses fermentasi. Untuk mengetahui lebih jelas apa itu proses fermentasi dan mengetahui lebih jelas bagaimana proses pembuatan tape, perlu diadakan praktikum agar tape tidak hilang ditelan waktu. B.    Tujuan Praktikum Ø   Mendeskripsikan langkah-langkah proses pembuatan tape ketan Ø   Menjelaskan hasil fermentasi

Pertanyaan Diskusi Kelas XI

Pertanyaan Diskusi Fisika kelas XI 11.        Mengapa binatang yang berat (misalnya gajah) cenderung memiliki kaki yang lebar? Jawab: Karena untuk menopang berat tubuhnya . ini berhubungan dengan tekanan zat padat. Jika gajah bergerak, berarti gajah memberikan gaya pada kakinya, dan gaya yang diberikan gajah cukup besar. Namun karena kakinya yang lebar, menyebabkan tekanan yang dirasakan oleh gajah akan semakin kecil. Sebab tekanan berbanding terbalik dengan luas permukaannya. 22.       Mengapa Anda cepat merasa lelah jika berdiri dengan satu kaki daripada dengan dua kaki? Jawab: Tekanan yang dialami kaki jadi lebih besar karena luas sentuhnya mengecil, bahwa P =  semakin kecil A (luas), semakin besar P (tekanan). 33.       a. Jika seseorang menyelam 2 kali lebih dalam didalam sungai, berapa kali besar tekanan air yang sekarang bekerja pada telinganya? b. Jika ia menyelam dengan kedalaman yang sama di air laut, apakah tekanan yang dideritanya sama sepert

Laporan Praktikum Kimia Semester Ganjil kelas XI

PRAKTIKUM 1 Hari/Tanggal Praktiku m : Kamis, 25 Agustus 2016 Judul Praktikum : Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm Tujuan Praktikum: Mengamati perbedaan reaksi eksoterm dengan reaksi endoterm Teori: Reaksi eksoterm adalah reaksi yang membebaskan kalor. Contoh: membakar minyak dan nyala api unggun. Reaksi endoterm adalah reaksi yang menyerap kalor. Contoh: asimilasi dan fotosintesis. Alat dan Bahan: Pupuk urea (CO(NH2)2) Karbida (CaC2) Aquades Gelas kimia Termometer Sendok kecil Batang pengaduk Bros tabung reaksi Serbet atau tisu Cara Kerja: Masukkan 200 mL air kedalam gelas kimia, ukur suhunya. Masukkan bongkahan CaC2 kedalam gelas kimia, ukur suhunya. Lakukan percobaan 1 dan 2 diatas dengan menggunakan urea. Tabel Pengamatan: ReaksiReaktanSuhu (oC) 1Air29o 2Air + CaC232o 3Air30o 4Air + CO(NH2)225o Pertanyaan: Bagaimana perubahan suhu dari reaksi 1 ke reaksi 2? Bagaimana perubahan suhu dari reaksi 3 ke reaksi 4? Pilihlah dari semua reaksi tersebut kedalam