Langsung ke konten utama

Pembahasan Soal-soal Fisika kelas XI

UJI KOMPETENSI BAB 5

1.Dua benda masing masing bermassa 4 kg dan 9 kg sedang bergerak dengan energy kinetik yang sama. tentukan nilai perbandingan dari besar momentum linear kedua benda tersebut.
Jawab:dik:M1=4kg
M2=9kg
Dit:momentum linear kedua benda tersebut?
Jawab:
Ek=12mv2=12m2v2/m=p22m

P=2.m.Ek

p1p2=2.n1.Ek1⬚2.m2.Ek2

p1p2=mim2

p1p2=49

p1p2=2:3
3. sebuah mobil A bermassa 800 kg bergerak ke kanan dengan kelajuan 10 m/s. sebuah mobil B bermassa 600 kg bergerak ke kiri dengan kelajuan 15 m/s. hitung:
a. momentum mobil A
b. momentum mobil B
c. jumlah momentum A dan B
Jawab:
Dik: ma = 800 kg
Mb = 600 kg
Va = 10 m/s
Vb = 15 m/s
Dit: a. pa ?
b. pb?
c. ptotal ?
penyelesaian:
pa = mv
pa = 800 . 10
pa = 8000 kg m/s
pb = mv
pb = 600 . (-15)
pb = (-9000) kg m/s

ptotal = pa + pb = 8000 – 9000 = (-1000) kg m/s

5.




Sebuah bola tenis dengan massa m dan kelajuan v menumbuk dinding pada sudut 45 derajat. Berapakah impls yang dikerjakan dinding pada bola…

Jawab:
Dik: massa = m
Kelajuan = v
Ѳ = 45 derajat
Dit: I..?
Penyelesaian:
I = P
  = m. ∆v
∆v = v2 – v1
         = -v-v
      = -2v cos 45
= -2v 122
= -v2
I = mv2
= mv2

7. sebanyak 1012 butir electron tiap sekon menumbuk layar televisi dengan kelajuan rata-rata 107 m/s. berapakah gaya yang dikerjakan electron-elektron tersebut terhadap layar televisi? (massa 1 elektron adalah 9 x 10-31 kg)
Jawab:
F = m. n/t. v=9 × 10 ^-31
10^21/1 .10^7 = 9 × 10^-12n

9.sebuah bola baja bermassa 0,6kg dilepaskan secara bebas dari ketinggian 4 m.tumbukan yg berlangsung antara bola dan lantai kita anggap lenting sempurna.sehingga bola terpantu kembali kepada ketinggian semula
A.hitunglah impuls yang dikerjakan pada bola selama tumbukan
B.jika waktu kontak antara bola dan lantai 0,004s,hitunglah gaya rata rata yang dikerjakan lantai pada bola selama tumbukan itu berlangsung

Jawab:
Dik:M=0,6kg
H=4m
Dit:
a.I=….
b.F=….
Penyelesaian:
A .v=2.g.h=20.4=80=8,9m/s
I=∆P
I=m.v-(-m.v)
I=2m.v
I=2.0,6.9,8
I=106,8Ns
B . f=1/∆t
f=106,8/0,004
f=26700 n


11.sebuah gaya mendatar F=80+5t bekerja pada sebuah benda dalam selang waktu t=0 sampai dengan t=2s.Dalam rumus ini,t dinyatakan dalam s dan F dalam N.
a.Buatlah grafik F terhadap t untuk t=0 sampai t=2s
b.hitunglah impuls yang dikerjakan oleh gaya F pada benda dengan menggunakan grafik pada (a)
c.Jika akibat impuls ini benda mendapat kelajuan 68 m/s ,berapakah massa benda?
Jawab:
Dik:F=80 + 5t
       t=0
       t=2
Grafik F
Y=F=80+5t 80 85 90 95 100
x-t 0 1 2 3 4

B.I=F.∆t  dari grafik
Impuls adalah luas daerah di bawah kurva F v=t selama selang waktu dari t=0 s/d t=2
Impuls= L trapezium
I=(80+902).2=170Ns
C.I=∆p
170=m(V2-V1)
Anggap kecepatan awal =0
170=m.(68-0)
170=68m
m=17068
m=2,5 kg

15. Sebuah kapal motor menyedot air laut melalui sebuah selang, lalu menyemprotkannya secara mendatar dengan kecepatan 5 m/s. diameter selang 14 cm, dan anggap bahwa tidak ada air yang tercecer dan memenuhi geladak kapal itu. Anggap massa jenis air laut 1 gr/cm3. Tentukan gaya mendatar yang harus diberikan baling-baling agar kapal tetap diam. (ambil phi = 22/7)

Jawab:
Dik: v = 5 m/s
D = 14 cm, r = 7 cm
Dit:
Penyelesaian:
F = ma
F= m(dvdt) = d(mv)/dt = dP/dt
F = m (dvdt) + 12 v2(rho)πr2
Kapal motor tetap diam, jadi dvdt = 0
F = m (dv/dt) + 12v2 (rho)πr2 = 12(5)2 (1000)π(½ + 0,14)2
F = 192,42 N

17. Sebuah kotak dengan tutup terbuka bergerak dengan kecepatan konstan. Kemudian hujan turun vertikal sehingga kotak terisi air. Setelah kotak terisi penuh air, hujan berhenti. Bagian bawah kotak dilubangi sehingga air mengalir keluar kotak. Apa yang terjadi (bertambah, berkurang, atau tetap). Dengan:
a. laju kotak dan isinya
b. momentum kotak dan isinya
c. energi kinetik kotak dan isinya

Jawab:
mbesar : mkecil
kecepatan sama v2 = 2gh
Laju kotak dan isinya = tetap
Momentum kotak dan isinya = bertambah
Energi kinetik kotak dan isinya = bertambah

19. Anda sedang berdiri pada lantai es (lantai tanpa gesekan) ketika seorang teman anda melempar sebuah bola bermassa 0,4 kg mendatar dengan kelajuan 12 m/s menuju anda. Massa anda adalah 60 kg
(a) jika anda menangkap bola, dengan kelajuan dan ke arah manakah anda dan bola akan bergerak?
(b) jika bola mengenai dada anda dan bola terpental dengan kecepatan horizontal 11 m/s dalam arah berlawanan, berapakah kelajuan anda sesudah tumbukan? 
JAWAB :
Diketahui :
massa bola = 0,4 kg
massa orang = 60 kg
kecepatan awal bola (v1) = 12 m/s
kecepatan awal orang (v2) = 0 (orang diam di medium licin)

a.ditanya kelajuan dan kearah mana bola dan orang akan bergerak (v’)?

Kasus orang yang menangkap bola pada bidang licin memenuhi syarat persamaan tumbukan tidak lenting sehingga kelajuan dapat dihitung :
m1 v1 + m2 v2 = (m1 + m2) v’
(0,4 kg)(12 m/s) + (60 kg)(0) = (0,4 kg + 60 kg) v’
4,8 kg m/s = 60,4 kg v’
V’ = 4,8 kg m/s60,4 kg
V’ = 0,07 m/s
Jadi kelajuannya adalah 0,07 m/s dan karena hasilnya positif, arah orang akan mengikuti arah bola.

b. pada poin b berlaku hukum tumbukan lenting sebagian, dengan tambahan kecepatan bola ke arah sebaliknya v1’ sebesar 11 m/s (-11 m/s) dan ditanya kelajuan orang setelah tumbukan v2’
m1 v1 + m2 v2 = m1 v1’ + m2 v2
(0,4 kg)(12 m/s) + (60 kg)(0 m/s) = (0,4 kg)(-11 m/s) + (60 kg)(v2’)
4,8 kg m/s = -4,4 kg m/s + (60 kg)(v2’)
9,2 kg m/s = 60 kg v2’
V2’ = 0,15 m/s


EVALUASI BAB 1-5
21. Kawat X dan Y dibuat dari bahan yang sama. X memiliki diameter dua kali Y dan panjang tiga kali Y. Jika batas elastisitas tidak dilampaui ketika setiap kawat ditarik oleh gaya tegangan yang sama, perbandingan energi yang disimpan dalam X dangan Y adalah. . . .
A. 2 : 3 D. 6 : 1
B. 3 : 4 E. 12 : 1
C. 3 : 2

Jawab :
Diketahui :
Dx : dy = 2 : 1
Lx : ly = 3 : 1

Ditanya : Ex : Ey. . . .?

Penyelesaian:
Ex : Ey
ơAx.Xx : ơAy. Xy
E. 12 : 1

22. Sebuah peluru m = 1000 gram ditembakkan dengan kecepatan awal 100 m/s dan sudut elevasi 30⁰ terhadap bidang horizontal. Jika g = 10 m/s2, besar perbandingan energi potensial dengan energi mekanik setelah 1 detik adalah. . . .
A.19/1000 D.9/10
B.9/100 E.10/9
C.19/100
JAWAB :
Ketingian setelah 1 sekon:
y(1)=100.sin 30.1-(1/2).10.1^2=50-5=45 m
Ep=m.g.y=0,1.10.45=45 joule
Em=Ek(awal)=(1/2).0,1.100^2=500 joule
→ EpEm = 45500 = B. 9/100

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Proses Fermentasi pada Pembuatan Tape

FERMENTASI PADA PEMBUATAN TAPE Dikerjakan oleh: Nama:       Sania Nur Mulia Fadia Utami Fadhila Ramadhani Thiraya Zeininna Deri Firmansyah Salwa Sayyidina Tassya Yulanda Kelas:        XII-IA3 T.A. 2017/2018 SMA NEGERI 3 BINJAI BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan keberagaman dan keunikan kulinernya. Baik keunikan dalam rasanya, cara pembuatannya dan jenis makanannya. Salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat unik adalah tapai atau tape. Tapai  atau  tape  adalah kudapan yang sangat lezat untuk dikonsumsi. Namun ternyata, tape adalah kudapan yang berasal dari proses fermentasi. Untuk mengetahui lebih jelas apa itu proses fermentasi dan mengetahui lebih jelas bagaimana proses pembuatan tape, perlu diadakan praktikum agar tape tidak hilang ditelan waktu. B.    Tujuan Praktikum Ø   Mendeskripsikan langkah-langkah proses pembuatan tape ketan Ø   Menjelaskan hasil fermentasi

Pertanyaan Diskusi Kelas XI

Pertanyaan Diskusi Fisika kelas XI 11.        Mengapa binatang yang berat (misalnya gajah) cenderung memiliki kaki yang lebar? Jawab: Karena untuk menopang berat tubuhnya . ini berhubungan dengan tekanan zat padat. Jika gajah bergerak, berarti gajah memberikan gaya pada kakinya, dan gaya yang diberikan gajah cukup besar. Namun karena kakinya yang lebar, menyebabkan tekanan yang dirasakan oleh gajah akan semakin kecil. Sebab tekanan berbanding terbalik dengan luas permukaannya. 22.       Mengapa Anda cepat merasa lelah jika berdiri dengan satu kaki daripada dengan dua kaki? Jawab: Tekanan yang dialami kaki jadi lebih besar karena luas sentuhnya mengecil, bahwa P =  semakin kecil A (luas), semakin besar P (tekanan). 33.       a. Jika seseorang menyelam 2 kali lebih dalam didalam sungai, berapa kali besar tekanan air yang sekarang bekerja pada telinganya? b. Jika ia menyelam dengan kedalaman yang sama di air laut, apakah tekanan yang dideritanya sama sepert

Tugas Bahasa Jerman "Unser oder Mein Hobby"

Beberapa minggu yang lalu, kelas kami dikasi tugas sama guru Bahasa Jerman, Frau Ani. Tugasnya itu sangat merepotkan tapi seru, yaitu menceritakan tentang hobi kita dalam bahasa Jerman dan dikemas dalam bentuk video. Menurutku tugas ini seru karena pasti memanfaatkan jasa edit video. Kebetulan aku lumayan bisa ngedit video, sih walaupun masih pake Windows Movie Maker. Tapi lumayan lah karena dikelas hanya 2 orang yang bisa ngedit, aku dan temanku satu lagi yang tak akan kusebutkan namanya itu. Oiya, tugas nya ini juga dikerjakan berkelompok. Kebetulan aku dan teman sebangku ku, Rina, punya hobi yang sama yaitu menggambar dan ada 1 temanku yang juga hobi menggambar yaitu Futri, iya pake F. Dan kami diberi waktu 1 bulan untuk menyelesaikannya. So, langkah pertama di minggu pertama pengerjaan yang kami lakukan adalah mengarang teks untuk kami ceritakan didalam video nya nanti. Buat teksnya dulu dalam bahasa Indonesia, kemudian terjemahkan ke bahasa Jerman dengan jasa Google Translate. S